Legenda Asal Usul Sultan Haridirin

Legenda Asal Usul Sultan Haridirin – Sesungguhnya Sultan Hadlirin bukanlah asli orang Jepara tetapi orang aceh. semasa kecilnya sultan Hadlirin bernama Raden Toyib. Beliau adalah putra dari raja yang berkuasa di lokasi aceh yang bernama Syech Mukhayyat Syah. Raden Toyib memilki kakak bernama Raden Takyim. Ketidaksamaan yang mencolok dari Raden Takyim serta Toyib yaitu Raden Takyimsuka berfoya-foya, malas dan bermewah-mewahan sedang raden Toyib lebih pilih pelajari ilmu-ilmu yang terkait dengan tata pemerintahan. Sesudah Syech Mukhayyat syah terasa dianya sudah uzur serta lansia beliau punya maksud mengankat Raden Toyib juga sebagai seseorang sultan, lantaran kecakapannya serta ketekunananya pelajari ilmu-ilmu pemerintahan walau yang lebih memiliki hak jadi sultan yaitu kakaknya Raden Takyim.

makam ratu kalinyamatLantaran pengangkatan raden Toyib juga sebagai sultan menyebabkan perseteruan baru, jadi saat tahu permasalahan itu raden Toyib dengan suka-rela menyerahkan tahtanya pada raden Takyim, lantaran sesungguhnya Raden Toyib tak mementingkan jabatan seseorang sultan cuma saja atas tekanan ayahandanya beliau ingin terima jabatan itu.

Begitulah pada akhirnya raden Toyib pergi mengembara dengan pertolongan kapal beberapa pedagang ia sukses keluar serta mengarungi lautan luas tanpa ada maksud yang pasti, terkecuali satu kemauan untuk menegmbangkan agama islam.

Konon beliau terdampar di daratan Tiongkok. Bahkan juga kebetulan sekali raden Toyib diangkat anak oleh seseorang patih Tionghoa yang bernama Cie Wie Gwan. Lantaran loghatnya orang cina dibut namanya dengan Toyab.

Singkat narasi sesudah 5 th. tinggal di dirumah patih Cie Wie Gwan, Raden Toyib mengembara lagi. Pada akhirnya beliau terdampar di pelabuhan pesisir pantai utara yang bernama Bandar Jepara. Waktu itu Bandar Jepara adalah pelabuhan perdagangan yang telah ramai. Karena ia adalah salah satu dari delapan buah kerajaan yang merdeka di Jawa serta Madura. Semasing Banten, Jakarta, Cirebon Prawoto, Kedu, Madura serta Kalinyamat. sehinnga Bandar jepara adalah garis pelayaran serta perdagangan negeri malaka.

Konon untuk menebarkan agama islam beliau menyamar dengan menggunakan baju ala kandungannya. Lantaran keramahannya dalam menyiarkan agama islam beberapa orang tanpa ada merasa sudah beralih apa yang diyakininya dari agama Hindu Budha berpindah pada ke taukhid Islam yang bawa Raden Toyib.

Sebagian lamanya tinggal di Jepara mendadak tanpa ada satu argumen yang pasti Raden Toyib mau mengbdikan dianya ke kerajaan Kalinyamat yang kuasai Jepara waktu itu. Setibanya di kraton pada penjaga istana dengan selalu jelas Raden Toyib mengemukakan tujuannya mau menghadap kanjeng Ratu kalinyamat. Keinginan tersebut di kabulkan serta pada akhirnya kanjeng Ratu Kalinyamat berikan pekerjaan juga sebagai tukang kebon.

ratu susuk
Disuatu hari kanjeng ratu sudi mengecek kerajaannya. Mendadak hati kanjeng Ratu berdebar-debar beliau terasa raden Toyib bukanlah manusia umum. Kangjeng Ratu segera menyai asal-usulnya, Raden Toyib tidak ingin mengakui ia segera di masukkan ke penjara. Tak tahu kenapa Raden toyib ingin menceritakan asal usulnya pada kanjeng ratu. Hati kanjeng ratu jadi berdebar-debar untuk ke-2 kalinya, kanjeng ingat ramalan mendiang ayahnya perihal jodohnya yang bukanlah bersal dari kelompok mayrakat pribumi Jawa tetapi negeri seberang.

Lantaran Raden Toyib yaitu seseorang anak muda yang gagah perkasa tampan rupawan, hati Ratu kalinyamat tidak karuan hati wanita mana yang tidak menampik raden Toyib. Ia terasa bukanlah tidak mungkin Raden Toyib yaitu jodohnya. Sampai pada akhirnya Ratu kalinyamat meminta Raden Toyibuntuk menikahinya. Sesudah menikah Ratu Kainyamat menyerahkan tahtanya pada suaminya Raden Toyib.

Yang Paling Banyak Dicari: