Apa Saja 6 Kerajaan Gaib Terkuat di Indonesia?

kerajaan gaibLegenda kerajaan gaib di Indonesia tidak pernah ada matinya. Meskipun belum terbukti mengenai kebenaran keberadaannya, tapi masyarakat Indonesia mempercayai bahwa kerajaan tersebut benar-benar ada. Bahkan, sebagian besar dari mereka rela menyepi dan bersemedi di tempat-tempat yang dipercaya merupakan lokasi dari kerajaan gaib tersebut.

Tujuan mereka bermacam-macam mulai dari ingin mendapatkan karomah, pesugihan, bantuan dari penghuninya hingga hanya sekedar iseng. Legenda ini merupakan kisah turun temurun dari leluhur kita dan setiap daerah di Indonesia memiliki kisah tersendiri mengenai keberadaan kerajaan ghoib.

Konon, terdapat 6 kerajaan gaib terkuat di Indonesia dimana kekuatannya tidak bisa ditandingi. Bahkan, makhluk gaib yang menjadi bagian dari kerajaan tersebut ikut andil dalam melindungi bangsa Indonesia. Kira-kira apa saja 5 kerajaan tersebut? Berikut kita bahas secara lebih detil.

1. Kerajaan Gaib Pajajaran – Prabu Siliwangi

Pajajaran adalah kerajaan hindu terbesar yang terdapat di Jawa Barat. Tidak begitu jelas siapa pendiri dan kapan berdirinya, namun dari sekian banyak raja yang pernah memimpin, Prabu Siliwangi lah yang paling dikenal dan disukai rakyatnya.

Prabu Siliwangi menciptakan senjata Kujang, berbentuk melengkung dengan ukiran harimau di tangkainya. Senjata tersebut kemudian dijadikan lambang untuk provinsi Jawa Barat. Bahkan, sampai dengan hari ini muncul banyak imitasi dari senjata kujang yang diisi dengan energi khusus oleh orang pintar untuk meningkatkan kewibawaan layaknya Prabu Siliwangi.

Sejarah pun mencatat bahwa Prabu Siliwangi ketika meminum air dari curug, dihadang oleh siluman harimau putih hingga terjadi pertarungan hebat di antara keduanya. Berkat kesaktiannya, Prabu Siliwangi mampu mengalahkan dan menjadikan harimau putih tersebut sebagai pengikut setianya.

Sampai dengan hari ini, keberadaan Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran tidak diketahui akhirnya. Keduanya menghilang bersamaan dengan konflik internal kerajaan. Oleh karena itulah, kerajaan ini kemudian dianggap gaib oleh masyarakat.

2. Kerajaan Gaib Laut Selatan

Mitos abadi dan paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia adalah keberadaan Ratu Pantai Selatan dan kerajaannya. Setiap kali diperbincangkan, ia selalu membawa kontroversi dan kaitannya dengan raja kerajaan Mataram dan keturunannya.

Sebuah kisah yang paling dipercaya adalah ratu pantai selatan yang sebelumnya merupakan permaisuri Prabu Siliwangi. Ia melakukan ngrekso atau mengubah diri menjadi makhluk gaib dan menceburkan diri ke laut. Karena saat menceburkan diri itu ia sedang mengandung, maka janin kembar tersebut di kemudian hari menguasai pantai selatan Jawa dengan sebutan Nyi Roro Kidul. Sedangkan, di utara dikuasai oleh Dewi Lanjar.

3. Kerajaan Ghaib Alas Purwo

Merupakan kerajaan jin terbesar di Indonesia dan berlokasi di Banyuwangi Jawa Timur. Sejatinya alas purwo adalah hutan lindung yang diselimuti suasana mistis nan kental. Mungkin karena ketenangan dan kegaiban alas ini, banyak yang memanfaatkannya sebagai lokasi untuk bersemedi, termasuk juga Ir. Soekarno. Konon, pada jaman dulu hutan belantara ini dijadikan sebagai tempat berlindung bagi raja-raja yang tidak mau masuk Islam.

4. Kerajaan Ghaib Gunung Merapi

Masih ingat dengan sinema kolosal gunung merapi dengan mak lampir sebagai pemeran utamanya? Karena aura mistisnya yang dahsyat inilah, tak salah apabila ia dipercaya sebagai salah satu lokasi kerajaan ghaib terkuat di Indonesia.

Gunung Merapi berada di Pulau Jawa dan menjadi salah satu dari 10 gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia. Masyarakat percaya daerah bebatuan di dekat puncak merupakan pusat dari kerajaan ghaib dan dipimpin oleh Eyang Merapi, tempat ini bernama pasar bubrah.

4. Kerajaan Ghaib Pulomas

Pulau Jawa seakan kental dengan aura mistis dan menjadi tempat bersarangnya makhluk-makhluk astral. Selain Merapi, kota Indramayu pun dipercaya memiliki kerajaan ghaib Pulomas dan berbentuk rawa-rawa. Seseorang dengan kepekaan batin yang tinggi mampu melihat adanya kerajaan besar nan megah disertai tembok kokoh terbuat dari emas.

Konon, seorang raja bernama Wiralodra ketika memimpin pembabatan hutan ditantang oleh raja ghaib Werdinata yang pada saat itu sedang menguasai hutan. Pertarungan yang berlangsung selama 11 bulan itu berakhir damai dengan syarat raja Wiralodra harus menikahi putri dari Raja Werdinata. Kerajaan Ghaib Pulomas diyakini masih ada hingga saat ini dan tetap dipimpin oleh Raja Werdinata.

5. Kerajaan Ghaib Uwentira

Pulau Sulawesi juga memiliki kisah tersendiri mengenai keberadaan kerajaan ghaib. Makhluk gaib penghuni kerajaan ghaib akan membuat suasana tempat itu menjadi terasa angker dan mistis. Pada waktu tertentu pun ia menampakkan diri pada orang-orang sekitar.

Banyak yang meyakini dan tidak meragukan adanya kerajaan ghaib yang disebut Uwentira, yaitu sebuah kebun kopi yang terletak diantara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong. Jika Anda mengunjungi tempat ini, maka Anda akan menemukan sebuah tugu berwarana kuning. Masyarakat setempat percaya bahwa di tempat itu berdiri gerbang ghaib menuju Uwentira.

Yang Paling Banyak Dicari: